Portal Matsansa
Model
pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS) ini dapat pula dikelola dalam
bentuk pembelajaran yang berdiferensiasi bagi masing-masing kelompok peserta
didik yang berbeda kecepatan belajarnya dan mempunyai kecerdasan istimewa. Berdasarkan
pada penjelasan di atas, bahwa MTs Negeri 1 Kediri berupaya memberikan layanan
pendidikan yang efektif, efisien, dan maksimal terhadap kemajemukan peserta
didik agar potensinya bisa terekplorasi dengan baik, maksimal, dan cepat. Hal ini
tentunya dapat terlaksana dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama
manajemen, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana yang cukup memadai.
Oleh karena itu, penulis ingin memaparkan sebuah kebijakan
tentang program Layanan Individu Cerdas Istimewa (LICI) dengan model Sistem
Kredit Semester (SKS) yang terfokus pada implementasi sehingga diketahui
karakteristik pengembangannya. Penelitian penting dilakukan mengingat tidak
semua madrasah dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan Sistem Kredit
Semester (SKS), kecuali setelah memiliki izin operasional berupa Surat
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang madrasah penyelenggara
Sistem Kredit Semester (SKS).